Aplikasi Lazada merupakan salah satu e-commerce yang ada di Indonesia. Memiliki berbagai campaign menarik yang ditawarkan bagi para penggunanya, salah satunya Gajian Ganti Handphone. Tentu pembuatan halaman campaign telah berdasarkan pertimbangan banyak hal, salah satunya tampilan desain halaman. Namun dalam penggunaannya masih ditemui beberapa permasalahan. Penelitian ini akan berfokus pada analisis UI dan UX dengan menggunakan metode Design Thinking dan rancangan kembali prototipe desain antarmuka halaman campaign tersebut. Penggunaan metode Design Thinking akan mengadaptasi metode yang biasa diterapkan oleh desainer menggunakan prosedur iteratif dalam pemikiran desain dari pernyataan masalah hingga solusi masalah. Tujuannya adalah untuk menghasilkan ide sebanyak mungkin sehingga ditemukan permasalahan dan solusi terbaik untuk masalah tersebut. Metode ini akan dimulai dengan tahap Understand, Observe, Define point of view, Ideate, Prototype, Test dan Reflect. Prototipe yang telah dirancang menggunakan Figma kemudian diuji kepada 5 penguji dengan menggunakan metode pengujian System Usability Scale (SUS). Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil uji dengan total nilai 88 dan disimpulkan acceptable, grade scale B dan adjective rating adalah excellent.
Copyrights © 2022