Sudah banyak aplikasi marketplace yang ada di Indonesia saat ini, diantaranya adalah: Lazada, Shopee dan Tokopedia. Dengan banyaknya pilihan aplikasi marketplace yang beredar di Indonesia ini tentu saja para pengguna internet mempunyai aplikasi favoritnya masing-masing. Tingkat kepercayaan masyarakat tentu berbeda-beda pada tiap aplikasi. Keunikan visual dan tampilan (UI & UX) yang berbeda-beda pada tiap aplikasi juga menjadi daya tarik tersendiri. Promosi yang ditawarkan oleh tiap aplikasi juga menjadi faktor penting dalam masyarakat memilih aplikasi marketplace. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan masyarakat terhadap marketplace yang dipilih. (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh tampilan (UI dan UX) pada marketplace terhadap keputusan masyarakat dalam memilih aplikasi. (3) Mengetahui seberapa besar pengaruh promosi yang dilakukan oleh aplikasi marketplace terhadap keputusan masyarakat dalam memilih aplikasi. (4) Mengetahui aplikasi apa yang paling banyak disukai. Penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) sebagai Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow (1997) dengan populasi tidak diketahui, dan didapatkan 100 sampel. Hasil dari penelitian ini berdasarkan jumlah normalisasi per kriteria, didapatkan faktor utama dalam keputusan pemilihan aplikasi marketplace adalah Kepercayaan sebesar 1,72, kedua adalah Tampilan sebesar 1,42 dan terakhir adalah Promosi sebesar 1,28. Perhitungan dari rangking akhir yang didapat dari 100 responden, Shopee menjadi aplikasi paling disukai berdasarkan 3 kriteria yaitu: Kepercayaan (58%), Tampilan (68%) dan Promosi (78%), mengalahkan Tokopedia dengan Kepercayaan (37%), Tampilan (29%) dan Promosi (19%), dan Lazada dengan Kepercayaan (5%), Tampilan (3%) dan Promosi (3%).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022