Jurnal Infortech
Vol 4, No 2 (2022): Desember 2022

Pengaruh Kepercayaan, Tampilan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace

Muhammad Haiqal Setiawan (Universitas Nusa Mandiri)
Rachman Komarudin (Universitas Nusa Mandiri)
Desiana Nur Kholifah (Universitas Nusa Mandiri)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Sudah banyak aplikasi marketplace yang ada di Indonesia saat ini, diantaranya adalah: Lazada, Shopee dan Tokopedia. Dengan banyaknya pilihan aplikasi marketplace yang beredar di Indonesia ini tentu saja para pengguna internet mempunyai aplikasi favoritnya masing-masing. Tingkat kepercayaan masyarakat tentu berbeda-beda pada tiap aplikasi. Keunikan visual dan tampilan (UI & UX) yang berbeda-beda pada tiap aplikasi juga menjadi daya tarik tersendiri. Promosi yang ditawarkan oleh tiap aplikasi juga menjadi faktor penting dalam masyarakat memilih aplikasi marketplace. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan masyarakat terhadap marketplace yang dipilih. (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh tampilan (UI dan UX) pada marketplace terhadap keputusan masyarakat dalam memilih aplikasi. (3) Mengetahui seberapa besar pengaruh promosi yang dilakukan oleh aplikasi marketplace terhadap keputusan masyarakat dalam memilih aplikasi. (4) Mengetahui aplikasi apa yang paling banyak disukai. Penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) sebagai Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow (1997) dengan populasi tidak diketahui, dan didapatkan 100 sampel. Hasil dari penelitian ini berdasarkan jumlah normalisasi per kriteria, didapatkan faktor utama dalam keputusan pemilihan aplikasi marketplace adalah Kepercayaan sebesar 1,72, kedua adalah Tampilan sebesar 1,42 dan terakhir adalah Promosi sebesar 1,28. Perhitungan dari rangking akhir yang didapat dari 100 responden, Shopee menjadi aplikasi paling disukai berdasarkan 3 kriteria yaitu: Kepercayaan (58%), Tampilan (68%) dan Promosi (78%), mengalahkan Tokopedia dengan Kepercayaan (37%), Tampilan (29%) dan Promosi (19%), dan Lazada dengan Kepercayaan (5%), Tampilan (3%) dan Promosi (3%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

infortech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Library & Information Science

Description

Jurnal Infortech pertama publikasi tahun 2019, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia Nomor 2715-8160. Jurnal Infortech (Information Technology) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal Infortech diterbitkan dua ...