Jurnal Wawasan Pendidikan
Vol 2, No 2 (2022): Agustus 2022

ANALISIS KEMAMPUAN DISPOSISI DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IV PADA MATERI BANGUN DATAR DI SD NEGERI BANTENGMATI 02 DEMAK

Miftakhun Nizammudin (Universitas PGRI Semarang)
Sukamto Sukamto (UPGRIS)
Wawan Priyanto (UPGRIS)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

AbstrakTujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan  disposisi dan kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV pada materi bangun datar di SD Negeri Bantengmati 02 Demak.Jenis penelitian ini adalah penelitian  kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 25 siswa dan guru kelas IV SD Negeri Bantengmati 02 Demak. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, angket dan tes. Hasil analisis kemampuan disposisi matematisi siswa kelas IV SD Negeri Bantengmati 02 Demak termasuk dalam kategori rendah. Hasil angket rata-rata disposisi matematis siswa kelas IV sebesar 46,9% sedangkan hasil observasi siswa saat mengerjakan tugas dirumah sebesar 42%. Selain itu, hasil analisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV SD Negeri Bantengmati 02 Demak termasuk dalam kategori rendah. Hasil tes penalaran rata-rata siswa kelas IV sebesar 47,7% Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah penelitian ini diharapkan mampu dijadikan sebagai referensi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan disposisi dan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi bangun datar, sehingga guru lebih memperhatikan dan membimbing siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wawasan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus dengan fokus jurnal pada pembelajaran dan pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, ...