Jurnal Wawasan Pendidikan
Vol 2, No 2 (2022): Agustus 2022

ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN MUKTIHARJO KIRUL 03 KOTA SEMARANG

Rikko Andi Prajijaya (Universitas PGRI Semarang)
Sukamto Sukamto (UPGRIS)
Mei Fita Asri Untari (UPGRIS)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berpengaruh pada karakter siswa Sekolah Dasar, karena sebagian besar siswa masih meniru apa yang mereka lihat tanpa memilah dahulu, apa yang seharusnya boleh ditiru dan apa yang tidak boleh ditiru. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pembentukan karakter siswa yang dilakukan guru dalam meningkatkan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV di SDN Muktiharjo Kidul 03 Kota Semarang serta untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan karakter siswa kelas IV di SDN Muktiharjo Kidul 03 Kota Semarang. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, peneliti melakukan kegiatan dengan menguraikan data maupun fakta dengan menemukan realita yang ada dan dilakukan secara terus menerus sejak awal sampai akhir penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa strategi pembentukan karakter siswa yang dilakukan guru dalam meningkatkan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS meliputi persiapan atau perencanaan guru dalam proses pembelajaran, proses belajar mengajar serta penilaian dan evaluasi. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan dalam pembelajaran IPS meliputi sikap religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wawasan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus dengan fokus jurnal pada pembelajaran dan pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, ...