Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 3 (2022): Agustus

Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Kasus pada Materi Zat Aditif dan Adiktif Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Aniza Muaffiani (Unknown)
I Putu Artayasa (Unknown)
I Wayan Merta (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2022

Abstract

Keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu tuntutan pembelajaran Abad XXI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan pembelajaran berbasis kasus terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Unequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Variabel bebas penelitian yaitu penerapan pembelajaran yang berbeda, sedangkan variabel terikat yaitu keterampilan berpikir kritis siswa. Data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil tes masing-masing kelas. Instrumen tes disusun berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis. Pengujian hipotesis data dalam penelitian ini menggunakan uji ANACOVA. Hasil penelitian didapatkan nilai sig. (p) = 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis kasus berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...