Pendidikan Seni Musik merupakan pendidikan yang memberikan kemampuan untuk mengekspresikan dan mengapresiasikan seni secara kreatif untuk pengembangan kepribadian siswa dan memberikan sikap-sikap atau emosional yang seimbang. Pendidikan seni musik memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk manusia yang seutuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru dalam melaksanakan Pembelajaran Seni Musik di kelas satu Sekolah Dasar Negeri 30 Woja Tahun Pelajaran 2021/2022. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas satu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data oleh Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya kesulitan yang terjadi yaitu; guru kesulitan menyampaikan materi, kekurangan media/alat peraga, dan minimnya kualitas keahlian guru. Adapun strategi yang digunakan yaitu denganĀ  penerapan metode Painkem.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019