Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 4 (2022): November

Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environment) Menggunakan Media Quiziz Terhadap Pemahaman Konsep

Dewi Sri Matovani (Unknown)
Siti Istiningsih (Unknown)
Baiq Niswathul Khair (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) menggunakan media Quizizz terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA bagi siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Experimental, metode penelitian eksperimen menurut Sugiyono (2009:107) dapat diartikan sebagai “metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang dikendalikan”.Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, yang dimana memperoleh hasil nilai pre-test pada kelas eksperimen 60,5 dan kelas kontrol 67,0 dan post-test pada kelas eksperimen 84,0 dan kelas kontrol yaitu 78,5. Dari hasil penelitian eksperimen ini dengan menerapkan model pembelajaran SOLE menggunakan media Quizizz terhadap pemahaman konsep IPA kelas V di SDN 44 Ampenan. Bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran SOLE menggunakan media Quizizz terhadap pemahaman konsep IPA. Dimana analisis uji t dilakukan pada bab sebelumnya menggunakan t-test. Nilai yang diperoleh dari hasil t-hitung kemudian dibandingkan dengan nilai dari t-tabel dengan taraf signifikan 5% dengan ketentuan sebagai berikut: jika t-hitung < t-tabel maka Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil t-test diperoleh nilai 1.463 > 2,024  pada taraf signifikan 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) menggunakan media Quizizz terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA bagi siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...