Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 4 (2022): November

Identifikasi Keterampilan Sosial Siswa Pada Program Semua Anak Cerdas (SAC)

Elva Isma Yani (Unknown)
I Nyoman Karma (Unknown)
Itsna Oktaviyanti (Unknown)
A. Hari Witono (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Keterampilan sosial merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki individu untuk berinteraksi dengan orang lain dan lingkungannya. Maka dari itu untuk mendukung perkembangan keterampilan sosial siswa dibentuklah program Semua Anak Cerdas (SAC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan sosial siswa SDN 2 DAREK pada program Semua Anak Cerdas (SAC). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan derkriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Analisis data menggunakan Milles dan Hubermans. Hasil penelitian dilihat dari aspek keterampilan sosial: 1) Hubungan Dengan Teman Sebaya menunjukkan presentase 75% dengan kriteria baik. 2) Manajemen Diri menunjukkan presentase 82% dengan kriteria sangat baik. 3) Kemampuan Akademis menunjukkan presentase 85% dengan kriteria sangat baik. 4) Kepatuhan menunjukkan presentase 75% dengan kriteria baik. 5) Perilaku Assertif menunjukkan presentase 72% dengan kriteria baik. Dengan demikian, siswa kelas III SDN 2 DAREK sudah memenuhi aspek-aspek keterampilan sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...