Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 4 (2022): November

Pengaruh Media Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul

Ahmad Zubandi (Unknown)
Baik Nilawati Astini (Unknown)
I Made Suwasa Astawa (Unknown)
Fahruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Media masih jarang digunakan guru kedalam pembelajaran. Pada saat abad 21 siswa dan guru dituntut untuk menguasai teknologi. Media sangat penting dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari media puzzle terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di Tk Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif komparatif, menggunakan desain eksperiment yaitu pre eksperimental design dengan bentuk group pretest – postest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian treatment, observasi menggunakan instrumen penelitian, dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode statistik non-parametris. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di Tk Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak kelompok B di Tk Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul. sebelum diberikan perlakuan menggunakan media puzzle diperoleh hasil pre-test anak dengan skor rata-rata 42,9% yaitu perkembangan kognitif anak berada pada kriteria belum berkembang.Setelah diberikan perlakuan menggunakan media puzzle dapat diperoleh data post-test dengan skor rata-rata 76,5% yaitu perkembangan kognitif anak berada pada kriteria cukup berkembang. Artinya perkembangan kognitif anak memiliki potensi untuk berkembang jika dapat distimulus dengan baik menggunakan metode yang tepat dan efektif. Berdasarkan hasil perhitungan nilai ttabel Wilcoxom dengan jumlah sampel = 4 dan tingkat signifikasi 5 % dengan output “ Test Statistik” diketahui Asymp. Sig (2-talled) bernilai 0,03< 0,05 , maka dapat di simpulkan bahwa “Hipotesis di terima”. Sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh media puzzle terhadap pengembangan kognitif pada anak kelompok B di Tk Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...