Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan program literasi dasar, (2) Pelaksanaan program literasi dasar, dan (3) Evaluasi program literasi dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan dalam program literasi dasar terdiri dari fasilitas, jadwal kegiatan, dan kegiatan pembelajaran, 2) Pelaksanaan dalam program literasi dasar terdiri dari a) Pelaksanaan dalam penggunaan fasilitas seperti diperluas perpustakaan, menambahkan jumlah buku, menambahkan sudut baca, menambahkan gambar-gambar untuk mading, b) Pelaksanaan dalam jadwal pelaksanaan literasi terdiri dari: a) Morning spirit dilakukan sebelum jam pelajaran dimulai, b) Kegiatan pembelajaran terdiri dari pelaksanaan pembelajaran dengan kelompok Semua Anak Cerdas (SAC) yang terdiri dari kelompok pemula dan huruf, kelompok kata dan paragraf, dan kelompok cerita I dan cerita II, 3) Evaluasi dalam program literasi dasar dengan program Semua Anak Cerdas (SAC) terdiri dari: a) Fasilitas, b) Jadwal pelaksanaan literasi, c) Evaluasi kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa implementasi program literasi dasar yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sudah dilaksanakan dengan baik yang dilihat dari menggunakan program Semua Anak Cerdas (SAC).
Copyrights © 2022