Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 4 (2022): November

Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Dalam Pemebalajaran PPKN

Gita Herawati (Unknown)
Ida Bagus Kade Gunayasa (Unknown)
SitiIsti Ningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN 8 Sokong. Jenis penelitian ini adalah  quasi experimental dengan post-test only control group design. populasi penelitian ini adalah kelas IV a dan kelas IV b berjumalah 40 siswa yang masing- masing kelas berjumlah 20 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan sampel pada penelitian ini adalah kelas IV SDN 8 Sokong. Metode pengumpulan data yang digunakan  yaitu tes dan dokumentasi. Data hasil belajar diperjelas dengan tehnik pretest dan posttest kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dengan uji kolmogrov-sminorv, kemudian di uji homogenitas dengan leven’s test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data selanjutnya dianalisis menggunakam uji sample independen. Diperoleh t-hitung sebesar 1.317 sedangkan t-tabel sebesar 2,042 pada taraf signifikan 0,192. Penjelasan tersebut menunjukan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa Tedapat Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajarn PPKn Tahan Pemebalajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...