Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN 8 Sokong. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan post-test only control group design. populasi penelitian ini adalah kelas IV a dan kelas IV b berjumalah 40 siswa yang masing- masing kelas berjumlah 20 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan sampel pada penelitian ini adalah kelas IV SDN 8 Sokong. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Data hasil belajar diperjelas dengan tehnik pretest dan posttest kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dengan uji kolmogrov-sminorv, kemudian di uji homogenitas dengan leven’s test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data selanjutnya dianalisis menggunakam uji sample independen. Diperoleh t-hitung sebesar 1.317 sedangkan t-tabel sebesar 2,042 pada taraf signifikan 0,192. Penjelasan tersebut menunjukan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa Tedapat Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajarn PPKn Tahan Pemebalajaran 2021/2022.
Copyrights © 2022