Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemic covid-19 siswa kelas III di SDN 1 Teros 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah salah satu jenis penelitian yang tujuannya untuk menyajikan gambaran lengkap mengenai setting sosial dan klarifikasi suatu fenomena. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas III, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles & Huberman adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada kelas III belum berjalan efektif. Hal ini terlihat dari perangkat pembelajaran, pada perencanaan pembelajaran guru kurang maksimal dalam penyampaian materi kepada peserta didik, pada pelaksanaan pembelajaran hanya menggunakan aplikasi whatsapp dan peserta didik tidak dapat mengikuti pembelajaran daring karena keterbatasan teknologi, dan pada evaluasi pembelajaran guru masih mengolah nilai dengan cara manual. Kendala yang dihadapi selama melaksanakan pembelajaran daring antara lain keterbatasan sarana dan prasarana, ketidaksiapan dalam menggunakan teknologi, keterbatasan dalam menggunakan aplikasi, dan peserta didik yang merasa bosan.
Copyrights © 2022