Formosa Journal of Science and Technology (FJST)
Vol. 1 No. 5 (2022): September 2022

Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Inkuiri dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 02 Karan Aur

Santi Elza (SDN 02 Karan Aur Kota Pariaman)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA setelah menggunakan metode inkuri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil IPA setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan metode inkuiri. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa sesudah tindakan.  Siklus 1 rata-rata aktivitas siswa  66,80% (kategori banyak) dan Siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 88,80 % (kategori banyak sekali) Sedangkan untuk persentase ketuntasan tes hasil belajar siswa pada siklus I 72 % dan pada siklus II meningkat menjadi 96%. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas  IV SD Negeri 02 Karan Aur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fjst

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Formosa Journal of Science and Technology (FJST) is an open-access scientific journal that publishing full-length research papers and review articles covering subjects that fall under the wide spectrum of science and technology. FJST journal is dedicated towards dissemination of knowledge related to ...