Penelitian tindakan kelas (PTK) memiliki peranan penting dalam meningkatkan profesionalisme guru, oleh karena itu guru harus melakukan PTK sesuai dengan masalah-masalah yang di hadapi ketika mengajar di kelas. Berdasarkan identifikasi masalah bahwa masih banyak mahasiswa PBA Madin Universitas Nurul Jadid mengalami kesulitan dalam menyusun PTK dan melaksanakannya dikelas. Lemahnya kemampuan mereka dalam menyusun PTK disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan atau pemahaman mereka tentang PTK secara praktek. Berdasarkan identifikasi permasalahan mitra tersebut maka, solusi yang ditawarkan dari kegiatan PKM ini adalah 1) peningkatan motivasi guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas; 2) pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas; 3) pelatihan untuk memberikan pengetahuan dan praktik penyusunan rancangan penelitian tindakan kelas. kegiatan dalam pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat guru-guru dalam menulis karya tulis ilmiah. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah 1) sosialisasi program; 2) koordinasi pelaksanaan; 3) pelaksanaan; 4) evaluasi hasil kegiatan. Luaran yang akan dihasilkan dari kegiatan PKM ini adalah 1) meningkatnya kesadaran dan motivasi peserta atau guru untuk menulis karya ilmiyah atau melakukan penelitian tindakan kelas; 2) meningkatnya pengetahuan dan pemahaman guru dalam melakukan peneltian tindakan kelas; 3) menyusun rancangan dan menulis laporan hasil penelitian tindakan kelas.
Copyrights © 2022