Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa mengenai pembelajaran daring. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 122 Kecce, Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng, berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dan kesimpulan peneltian: (1) umumnya siswa berpendapat bahwa mudah mengikuti pembelajaran daring, (2) umumnya siswa mengatakan bahwa penjelesan guru mudah dipahami, (3) umumnya siswa pandangan bahwa cara guru memberikan tugas mudah dilakukan dan tidak membingungkan, (4) umumnya siswa berpandangan bahwa cara menegur guru kepada siswa dapat membuat siswa semakin sadar dan siswa tidak merasa tersinggung, (5) umumnya siswa mengatakan bahwa cara guru menasehati siswa dapat diterima dengan baik, (6) umumnya siswa mengatakan bahwa cara guru memberi motivasi membuat siswa semakin termotivasi, (7) umumnya siswa berpandangan bahwa pemberian reward dalam pembelajaran daring sangat penrting untuk meningkatkan gairah belajar siswa, (8) umunya siswa berpandangan bahwa pemberian umpan balik terhadap penyelesaian tugas dalam pembelajaran daring semakin mermotivasi siswa untuk belajar dan mengerjakan tugas, dan (9) usiswa berpandangan bahwa cara guru memberikan evaluasi dalam pembelajaran daring dapat memicu siswa untuk belajar lebih serius.
Copyrights © 2022