SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development
Vol 4, No 1 (2022)

Pedagogi Ajrih Asih Sebuah Pemikiran Indigenous dalam Pengembangan Diri Siswa-Siswi SD Mangunan

Budi Sarwono (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Univeristas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Pedagogi ajrih asih adalah sebuah konsep indigenous dalam praksis pengembangan diri siswa siswi Sekolah Dasar. Konsep ini diinisiasi oleh Mangunwijaya seorang budayawan, novelis, arsitek sekaligus praktisi pendidikan dasar  di SDKE Mangunan Yogyakarta. Sekolah tersebut menjadi salah satu model pengembangan diri dalam persekoahan di Indonesia. Tulisan ini membahas pemikiran pemikiran dasar yang digunakan Mangunwijaya dalam mendampingi generasi muda, untuk merangsang pemikiran pemikiran indigenous lainnya dalam mengembangkan kepribadian individu anak didik.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

solution

Publisher

Subject

Education

Description

SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development adalah jurnal ilmiah akses-terbuka peer-review yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Jurnal ini terbit pertama kalai pada Juni 2019. Jurnal ini ...