Hockey merupakan salah satu olahraga yang telahdimainkan di Indonesia, namun olahraga ini masih belum cukup populer dan alat – alat olahraga hockey juga masih jarang ditemui di toko olahraga pada umumnya, untuk itu perlu dilakukan pengenalan terhadap olahraga hockey agar masyarakat tertarik untuk mulai memainkan olahraga ini. Adapun salah satu cara pengenalan olahraga ini dapat memanfaatkan teknologi augmented reality dengan demikian masyarakat dapat mengenal olahraga ini dengan efisien dan fleksibel. Salah satu metode untuk menampilkan objek augmented reality yaitu menggunakan markerless dengan teknikuser defined target. Pada aplikasi dilakukan pengujian akurasi menggunakan pertimbangkan jarak, intensitas cahaya dan target yang akan dijadikan marker. Adapun hasil dari pengujian pada sudut, aplikasi dapat menampilkan objek 3D pada target gelap dengan kontras menggunakan sudut baca minimal 0° dan maksimal 45° dan target terang dengan kontras dengan sudut baca minimal 0° dan maksimal 45°. Pada pengujian jarak, aplikasi mampu menampilkan objek 3D terhadap target gelap dengan kontras pada jarak 50 cm hingga 70 cm dan target terang dengan kontras pada jarak 50 cm hingga 70 cm. Pada pengujian intensitas cahaya, aplikasi dapat menampilkan objek 3D pada target gelap dengan kontras ketika intensitas cahaya berada pada minimal 70 lux dan maksimal 1000 lux dan target terang dengan kontras ketika intensitas cahaya berada minimal 70 lux dan maksimal 1000 lux. Berdasarkan hasil kuesioner didapatkan bahwa aplikasi ini sangat layak dengan nilai sebesar 88%.
Copyrights © 2022