JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Vol 8, No 2 (2022)

Kemampuan numerasi ditinjau dari rasa ingin tahu terhadap matematika pada siswa SMK

Cahyani, Cielo Dewi (Unknown)
Suyitno, Amin (Unknown)
Zaenuri, Zaenuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Numerasi penting bagi siswa SMK karena kemampuan numerasi seringkali diterapkan ketika mereka memasuki dunia kerja. Peneliti berasumsi bahwa numerasi dapat ditingkatkan dengan cara menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap matematika. Artikel ini ditulis dengan tujuan yaitu: (1) menunjukkan bahwa rasa ingin tahu terhadap matematika berpengaruh signifikan terhadap kemampuan numerasi siswa, dan (2) mengetahui bagaimana menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap matematika guna meningkatkan kemampuan numerasi. Metode yang digunakan yaitu mixed method. Penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan uji regresi sederhana dan uji paired-samples t test. Analisis selanjutnya yaitu kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) rasa ingin tahu terhadap matematika berpengaruh signifikan terhadap kemampuan numerasi siswa, dan (2) untuk meningkatkan kemampuan numerasi dapat diupayakan dengan menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap matematika, yaitu dengan cara: memberikan motivasi kepada siswa sebelum memulai pembelajaran, memberikan pertanyaan yang mendorong siswa agar siswa mampu memunculkan pertanyaan-pertanyaan lainnya, dan memberikan latihan soal secara rutin agar siswa terbiasa dalam mengerjakan soal yang dapat meningkatkan kemampuan numerasinya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics ...