JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Vol 8, No 2 (2022)

Analisis Kesulitan Belajar Sistem Persamaan Linier Siswa SMP di Pasca Pandemik

Iswanto, Ahmad (Unknown)
Kristianti, Kristianti (Unknown)
Kurniasih, Meyta Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik SMP di masa pembelajaran pasca pandemik. Penelitian dilakukan di SMP daerah Jakarta Barat dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil subjek 2 (dua) peserta didik yang sudah ditentukan oleh guru matematika. Data penelitian didapat dengan menggunakan tes uraian, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa subjek S1 tingkat kesulitan yang dihadapi pada pembelajaran matematika yaitu tidak dapat mengatur waktu saat mengerjakan soal yang diberikan dan kurangnya kemampuan literasi matematis; sedangkan untuk subjek S2 tingkat kesulitan yang dihadapi pada pembelajaran matematika yaitu kurangnya pemahaman terhadap matematika khususnya pada materi SPLDV, kurangnya literasi matematis, kurangnya usaha dalam mengerjakan soal tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics ...