Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pelajaran biologi khusunya materi Tumbuhan Paku dengan menggunakan media yang relevan. Hal ini menggugah penulis untuk mengadakan suatu penelitian terhadap masalah ini di SMA Unggul Pidie Jaya selama 3 bulan dari bulan Agustus – Oktober 2021 yang bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA 3 materi Tumbuhan paku pelajaran biologi dengan menggunakan model Inquairi pada SMA Unggul Pidie Jaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Unggul Pidie Jaya Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 18 orang siswa, untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus 1 siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 44,44% (8 siswa), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 55,55 % (10 siswa) sedangkan pada akhir siklus 2,sebanyak 94,44 % (17 siswa) dan siswa 1 (5,55 %)yang belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata kelas siklus I adalah 6,02 dan rata-rata kelas siklus II adalah 7,97. Adapun non tes,pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan keadaan siswa yang lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung.Kata Kunci: Hasil belajar siswa, model Pembelajaran Inquairi
Copyrights © 2022