JISOS: Jurnal ilmu sosial
Vol. 1 No. 10: November 2022

OPTIMALISASI SISTEM ANTREAN PELAYANAN GUNA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus: Restoran ABC di Sidoarjo)

Untung Usada (Teknik Industri Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Perkembangan industri kuliner menimbulkan persaingan yang memaksa pemilik industry melakukan inovasi terhadap pelayanannya. Loyalitas konsumen merupakan aspek penting yang harus diperhatikan. Pemilik restoran akan berusaha memanjakan pelanggannya agar konsumen tersebut menjadi loyal dan tidak beralih ke merek lain Jumlah fasilitas pelayanan yang terbatas mengakibatkan tingkat pelayanan menjadi lebih rendah sehingga menimbulkan antrean yang panjang dan waktu mengantre semakin lama. Antrean pada restoran ABC yang terlampau panjang dan waktu menunggu yang terlalu lama dapat mengakibatkan kerugian baik dari pihak pelanggan maupun perusahaan. Untuk mengurangi panjang antrean dan waktu tunggu agar panjang antrean tidak terlalu panjang, maka perlu dilakukan perbaikan sistem pelayanan dan optimalisasi jumlah titik pelayanan. Analisis sistem antrean dilakukan untuk mengatasi jumlah antrean yang terlalu panjang di kasir dengan menggunakan sistem simulasi. Hasil diperoleh bahwa untuk mengurangi dan mempercepat waktu tunggu perlu dilakukan penambahan tempat pengambilan makanan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JISOS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JURNAL ILMU SOSIAL one of the journals published by the Bajang Institute, was established in each month and with printed version of ISSN: 2828-3376 and the online version of ISSN:2828-3368 For submitting your article, please follow this link and follow the author guidelines in this link to meet our ...