Perkembangan industri kuliner menimbulkan persaingan yang memaksa pemilik industry melakukan inovasi terhadap pelayanannya. Loyalitas konsumen merupakan aspek penting yang harus diperhatikan. Pemilik restoran akan berusaha memanjakan pelanggannya agar konsumen tersebut menjadi loyal dan tidak beralih ke merek lain Jumlah fasilitas pelayanan yang terbatas mengakibatkan tingkat pelayanan menjadi lebih rendah sehingga menimbulkan antrean yang panjang dan waktu mengantre semakin lama. Antrean pada restoran ABC yang terlampau panjang dan waktu menunggu yang terlalu lama dapat mengakibatkan kerugian baik dari pihak pelanggan maupun perusahaan. Untuk mengurangi panjang antrean dan waktu tunggu agar panjang antrean tidak terlalu panjang, maka perlu dilakukan perbaikan sistem pelayanan dan optimalisasi jumlah titik pelayanan. Analisis sistem antrean dilakukan untuk mengatasi jumlah antrean yang terlalu panjang di kasir dengan menggunakan sistem simulasi. Hasil diperoleh bahwa untuk mengurangi dan mempercepat waktu tunggu perlu dilakukan penambahan tempat pengambilan makanan.
Copyrights © 2022