Abstract The transition from school to college during a pandemic has become more challenging. So that more self-adjustment skills are needed in order to adapt well to various demands in higher education. The research method used is qualitative with a descriptive analysis approach. Methods of data collection using interviews and documentation. Subjects were determined by purposive sampling technique. The results of research regarding the adjustment of new students personally show that they are responsible for their assignments. They try to manage their emotions well. In social adjustment they are able to establish social relationships, actively participate in organizations and engage in various activities. New students persist in attending online lectures, because there is support from their families. AbstrakMasa transisi dari sekolah ke perguruan tinggi di masa pandemi menjadi lebih menantang. Sehingga dibutuhkan kemampuan penyesuaian diri yang lebih agar dapat menyesuaikan diri dengan baik terhadap berbagai tuntutan di perguruan tinggi. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Subjek ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian mengenai penyesuaian diri mahasiswa baru secara pribadi menunjukkan bahwa mereka bertanggung jawab terhadap tugasnya. Mereka berusaha mengelola emosinya dengan baik. Dalam penyesuaian sosial mereka mampu menjalin hubungan sosial, aktif mengikuti organisasi dan terlibat berbagai kegiatan. Mahasiswa baru bertahan mengikuti perkuliahan daring, karena ada dukungan dari keluarga.Kata Kunci: masa transisi; penyesuaian diri; perkuliahan daring
Copyrights © 2022