Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana kendala penggunaan media pembelajaran berbais teknologi dalam pembelajaran sains Sekolah Dasar dan bagaimana Solusi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran sains Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu gambaran objek penelitian secara langsung dan dengan teknik pengumpulan data yaitu sasaran dan sampel, observasi, wawancara dan dokumentasi, dan juga menggunakan metode Kuantitatif. Adapun hasil penelitian didapatkan kendala penggunaan media pembelajaran berbais teknologi yaitu masalah yang berhubungan dengan kompetensi guru, masalah dengan peserta didik dan masalah dengan media pembelajaran berbasis teknologi Pemanfaatan media pembelajaran berbais teknologi dalam pembelajaran sains terdapat kendala atau masalah yang mempengaruhinya. Masalah yang terjadi dalam mata pelajaran sains sangat beragam sesuai dengan kondisi dan situasi dimana media pembelajaran berbasis teknologi itu dimanfaatkan. Bahkan di setiap kelas memiliki tingkat kesulitan yang berbeda sesuai dengan tingkatan guru dan siswa. Hal tersebut disebabkan karena kurang maksimalnya kompetensi yang dimiliki guru dan terbatasnya media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran sains Solusi yang dilakukan oleh Guru dalam pembelajaran sains Sekolah Dasar yaitu melalui Pelatihan atau penataran bagi semua guru mata pelajaran tentang teknologi informasi, Pelatihan khusus guru mata pelajaran TIK, sehingga nantinya bisa menjadi tutor bagi guru mata pelajaran yang lain, Seminar tentang pendidikan khususnya tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran, Studi banding ke lembaga atau sekolah yang lebih maju yang mempunyai kelebihan.Kata-kata kunci: Problematika, Media, Teknologi, Sains
Copyrights © 2022