Penelitian ini mengarah pada pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis penalaran yang valid dan efektif untuk pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang prisma. Media ini dikembangkan menggunakan model ADDIE melalui 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sumber perolehan data berasal dari angket dan tes. Subjek dari penelitian ini ialah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 12 Gorontalo yang berjumlah 29 orang. Berdasarkan penilaian media diperoleh dari ahli media sebesar 3,48 dengan kategori sangat valid sedangkan oleh ahli materi sebesar 3,23 berada pada kategori valid. Dari perolehan hasil tersebut, media pembelajaran dinyatakan valid sehingga layak digunakan. Terhadap keefektifan media, hasil respon siswa menunjukkan persentase sebesar 87% dengan kategori sangat positif dan hasil tes kemampuan penalaran siswa menunjukkan bahwa rata-rata ketuntasan siswa secara keseluruhan berada diatas kriteria ketuntasan minimal sehingga media iniefektif digunakan dalam pembelajaran matematika bangun ruang prisma.
Copyrights © 2022