Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 4 No. 2 (2022)

Studi Kasus Rasa Kurang Percaya Diri Siswa Kelas Tinggi SDN 3 Tanjungtani Pada Saat Menyampaikan Argumennya Di Kelas dan Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Puspitasari, Ratna (Unknown)
Basori, Muhamad (Unknown)
Andri Aka, Kukuh (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya percaya diri pada siswa dan menjelaskan bagaimana upaya seorang guru meningkatkan percaya diri siswa dengan tepat. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penelitian yang diharapkan dapat membantu memberikan sumbangan pemikiran dan jalan keluar langkah-langkah apa yang perlu diambil oleh guru. Lingkup penelitian adalah siswa kelas IV dan V SDN 3 Tanjungtani Prambon. Untuk menetapkan siswa yang mengalami rasa kurang percaya diri dipergunakan aspek-aspek yang terkandung dalam kepercayaan diri antara lain: Keyakinan akan kemampuan diri, Opini, Objektif, Bertanggung jawab, Rasional. Penelitian ini menggunakan studi kasus, dengan metode penelitian kualitatif dimana peneliti berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku siswa dalam situasi tertentu menurut perspektif peneliti sendiri. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi kurang rasa percaya diri antara lain: konsep diri, harga diri, pengalaman hidup, pendidikan, pekerjaan dan lingkungan keluarga, 2) Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa adalah dengan memberi sebuah motivasi, melibatan siswa dalam mengambil sebuah keputusan, memberi tantangan, dan memberi apresiasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...