Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasional yang bertujuan untuk mengetahui gambaran prestasi belajar matematika serta adanya hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri di Kelurahan Ujung Lare Kota Parepare. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat belajar matematika, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Kelurahan Ujung Lare Kota Parepare yang berjumlah 117 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 90 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu proporsional random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan angket minat belajar serta prestasi belajar yang diperoleh melalui guru kelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh minat belajar matematika siswa berada pada kategori cukup dengan persentase 35,56% dan prestasi belajar matematika siswa berada pada kategori baik dengan persentase 47,48%. Hasil analisis data koefisien korelasi linear diperoleh (rxy) = 0,893 dan thitung = 18,641, serta p-value = 0,001 atau H0 ditolak, yang berarti bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa dengan kategori tinggi.Kata Kunci: minat belajar, prestasi belajar, matematika
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022