Filadelfia : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Vol 3, No 2 (2022): Oktober 2022

Karakter Pemuda dalam Titus 2:6-8 Diimplementasikan Terhadap Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mengajar Mahasiswa

Vindi Vionitasari (Sekolah Tinggi Teologi Imanuel Pacet)
Dr. Simon Subagio M.Th., M.Pd.K., M.Si. (Sekolah Tinggi Teologi Imanuel Pacet)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2022

Abstract

Program kampus mengajar menjadi kesempatan mahasiswa sebelum lulus kuliah untuk dapat mengabdikan ilmunya kepada masyarakat. Sehingga dalam melaksanakannya, terkhusus pada masa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mengajar sangat dibutuhkan karakter yang benar. Maka digunakan dasar perspektif Kekristenan mengenai karakter pemuda dalam Titus 2:6-8. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian ini berisi penjelasan konsep, teori, atau menguji (retest) teori dengan mendeskripsikan karakter pemuda. Selain itu, dijabarkan makna yang terdapat dalam Titus 2:6-8. Adapun kajian literatur yang peneliti gunakan dalam penelitian ini berasal dari buku dan artikel jurnal yang mendukung. Yang diharapkan dalam kehidupan pemuda memiliki karakter pemuda yang beriman kepada Tuhan, bijaksana, menjadi panutan dalam tindakan, serta takut akan Tuhan. Hal ini digunakan sebagai dasar hidup pemuda dalam segala hal. Kaitannya dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat yang diterapkan selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mengajar mahasiswa. Sebagai mahasiswa diharapkan menjadi agen penggerak perubahan dalam masyarakat dengan memiliki tekad untuk memajukan masa depan pendidikan bangsa. Dengan demikian, mahasiswa dapat bermanfaat dan memberi dampak yang baik bagi masyarakat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

filadelfia

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Teologi dan Pendidikan Agama Kristen FILADELFIA merupakan wadah publikasi hasil penelitian di bidang teologi dan Pendidikan Agama Kristen bagi dosen di lingkungan Sekolah Tinggi Imanuel Pacet, bahkan semua pihak yang berkompeten di bidang ini dari institusi mana ...