Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol. 4 No. 2 (2022)

Faktor-faktor yang Menentukan Keputusan Pembelian Secara Online di Bukalapak pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha

Made Abi Mantara (Management Department, Economy Faculty, Ganesha University of Education)
Ni Nyoman Yulianthini (Management Department, Economy Faculty, Ganesha University of Education)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian secara online di Bukalapak (2) faktor yang paling dominan dalam menentukan keputusan pembelian secara online di Bukalapak. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dilanjutkan dengan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik penentuan sampel yaitu sampling proposional. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 231 responden dan dianalisis menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian secara online di Bukalapak adalah faktor keunggulan keputusan pembelian, faktor produk dan marketing mix, faktor sosial, dan faktor budaya. (2) faktor yang dominan menentukan keputusan pembelian secara online di Bukalapak adalah faktor keunggulan keputusan pembelian yang terbentuk dari faktor kepercayaan, keamanan, kenyamanan, kemudahan, dan resiko. Kata kunci: faktor keunggulan keputusan pembelian, keputusan pembelian AbstractThis study was aimed to examine (1) the factors that determine online purchasing decisions at Bukalapak, (2) the most dominant factor in determining online purchasing decisions at Bukalapak.The design of the study was quantitative research. The data was collected using a questionnaire followed by sampling with purposive sampling technique. The sampling technique is proportional sampling. The samples of this study are 231 respondents and tho so are analyzed by using factor analysis. The result of the study showed that (1) the factors that determine online purchasing decisions at Bukalapak is advantage factor of purchasing decision, product and marketing fix factor, social factor and culture factor,  (2) the most dominant factor in determining online purchasing decisions at Bukalapak is advantage factor of buying decision which formed from factor of trust, security, comfort, convenience and risk.  Key words: advantage factor of purchasing decision, purchasing decisions

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Prospek

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis is an open journal for every article related to Human Resource Management, Financial Management, Marketing Management, Strategic Management, Organizational Behavior, Operations Management, Change Management, Management of Sharia, Knowledge Management, ...