Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas lembar kerja siswa menggunakan metode peta pikiran terhadap persepsi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lembar Kerja Siswa yang digunakan merupakan hasil pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4D pada penelitian peneliti sebelumnya. Pada penelitian ini telah dilaksanakan tahap penyebaran produk peneliti sebelumnya yaitu lembar kerja siswa yang telah valid. Lembar Kerja Siswa diterapkan ke lapangan untuk melihat efektivitasnya. Penerapan Lembar Kerja Siswa menggunakan metode peta pikiran dilakukan pada siswa kelas VII MTs Bayu Pertiwi Sunggal. Instrumen penelitian berupa angket respon siswa, angket persepsi siswa dan tes ketuntasan belajar siswa. Dari hasil penerapan di peroleh bahwa: lembar kerja siswa menggunakan metode peta pikiran yang diterapkan efektif dilihat dari (1) ketuntasan belajar klasikal siswa terpenuhi, (2) persepsi siswa terhadap pembelajaran dalam kategori tinggi (positif) dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran positif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Peta Pikiran, Persepsi, Hasil Belajar
Copyrights © 2022