Jurnal Geuthee
Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin

PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN TERHADAP PERSEPSI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Imelda Wardani Rambe (STKIP Pangeran Antasari)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas lembar kerja siswa menggunakan metode peta pikiran terhadap persepsi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lembar Kerja Siswa yang digunakan merupakan hasil pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4D pada penelitian peneliti sebelumnya. Pada penelitian ini telah dilaksanakan tahap penyebaran produk peneliti sebelumnya yaitu lembar kerja siswa yang telah valid. Lembar Kerja Siswa diterapkan ke lapangan untuk melihat efektivitasnya. Penerapan Lembar Kerja Siswa menggunakan metode peta pikiran dilakukan pada siswa kelas VII MTs Bayu Pertiwi Sunggal. Instrumen  penelitian berupa angket respon siswa, angket persepsi siswa dan tes ketuntasan belajar siswa. Dari hasil penerapan di peroleh bahwa: lembar kerja siswa menggunakan metode peta pikiran yang diterapkan efektif dilihat dari (1) ketuntasan belajar klasikal siswa terpenuhi, (2) persepsi siswa terhadap pembelajaran dalam kategori tinggi (positif)  dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran positif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Peta Pikiran, Persepsi, Hasil Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JG

Publisher

Subject

Education Energy Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Bidang penelitian yang akan dilakukan oleh jurnal ini meliputi: hukum, pendidikan, sains dan teknologi, dan sosial ...