Dinamika
Vol 2 No 2 (2022): DINAMIKA : Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi

ALTERNATIF STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN BERBASIS INTERNAL - EXTERNAL MATRIKS

Rindho , Roe Nur Ahmad (Unknown)
Giovanni, Axel (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Kemajuan UMKM tentunya sangat diharapkan bagi kebanyakan pengusaha, untuk mencapai kemajuan tersebut tentu perlu mengetahui kelemahan, kekuatan, peluang, serta ancaman yang dimiliki oleh UMKM. Sehinga nantinya Pemilik UMKM dapat mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang akan menjadi rujukan dalam pembuatan strategi yang bisa berdampak pada kinerja pemasaran. Banyak UMKM mengalami kesulitan dalam menangani keadaan saat ini adanya wabah pandemi covid, perang yang menganggu kestabilan ekonomi banyak negara, keadaan ini menuntut para pengusaha untuk lebih cermat dalam menentukan strategi pemasaran supaya tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi yang tepat dalam upaya meningkatkan kinerja pemasaran pada salah satu usaha krupuk di temanggung melalui analisis SWOT dengan mendeskripsikan faktor internal (IFE) berupa kekuatan dan kelemahan dan faktor external (EFE) berupa peluang dan ancaman yang bisa menunjukan keadaan UMKM pada masa sekarang. . Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuisioner dari pemilik usaha krupuk. Dari analisis yang didapatkan skor kekuatan 2,00, kelemahan 2,39, peluang 2,34 dan ancaman 2,16 dengan nilai total IFEsebesar 4,39 dan total EFE 4,50. Hasil tersebut menempatkan UMKM krupuk pada diagram 3 dengan kelemahan dan peluang yang besar Kata Kunci: kinerja pemasaran, umkm, strategi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang ilmu-ilmu ekonomi manajemen dan bisnis yang meliputi bidang manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, sosial, Ekonomi yang dikelola dan diterbitkan oleh LPPM ...