EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education
Vol 4, No 3 (2020): Juli-September

PERTUMBUHAN INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MODERN: KAJIAN TERHADAP MADRASAH, SEKOLAH, DAN PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA Junaidi Arsyad, Mayurida, Gunawan 234 PESANTREN: ANTARA MISI MENCETAK ULAMA DAN TARIKAN MODERNISASI

Junaidi Arsyad (UINSU)
Mayurida Mayurida (UINSU)
Gunawan Gunawan (Politeknik Negeri Media Kreatif)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2022

Abstract

Diskursus pendidikan Islam di Nusantara (kelak menjadi Indonesia) terus menempati posisi strategis untuk ditelaah dalam perspektif sejarah. Ini menunjukkan, apresisasi para ilmuan dan praktisis untuk menmukan makna yang utuh dalam totalitas moral akademik. Juga, dapat menjadi sebuah instrument untuk mengenal jati diri bangsa dan negara melalui aktivitas akar rumput (masyarakat) dalam kehidupan dunia pendidikannya (Islam). seperti jamak dipahami, bahwa kehadiran Islam ke Nusantara ini, memberikan core values terhadap aktivitas masyarakt, termasuk di dalammnya adalah persoalan pendidikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eduriligia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education sciences formed in year 2017 with E-ISSN 2581-0251 with DECREE No. 0005.25810251/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.07-27 July 2017 and P-ISSN 2597-7377 SK No. 0005.25977377/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.09-19 September 2017. The study and judgment done by the ...