Business, Economics and Entrepreneurship
Vol 4 No 2 (2022): Business, Economics and Entrepreneurship

KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA PEGADAIAN SYARIAH DI INDONESIA

Ayu Andini (Unknown)
Widi Boerdan (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Fika Febrianti (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Muhammad Fadhil Maulana (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Suryo Budi Santoso (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu agar dapat mengetahui kualitas pelayanan pada Pegadaian Syariah yang menggunakan teknologi digital. Dalam metode ini menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sistem online yang disediakan oleh pihak pegadaian sangat efektif bagi nasabah yang ingin bertransaksi dimana saja. Namun, pegadaian digital tidak berjalan dengan baik karena kurangnya komunikasi sosial dari pegadaian tentang sistem layanan baru, yaitu online yang mudah diakses, gratis serta dengan cara mengunduh Play Store ataupun App Store. Karena teknologinya rawan kesalahan dan kegagalan transaksi, nasabah lebih memilih menggunakan pendekatan manual daripada aplikasi Pegadaian Syariah Digital. Seharusnya nasabah dapat menggunakan aplikasi Pegadaian Syariah Digital untuk melakukan transaksi smartphone tanpa harus melakukannya secara manual. Dengan dibuatnya aplikasi Pegadaian Syariah Digital ini, konsumen dapat bertransaksi tanpa harus mengunjungi Pegadaian Syariah secara fisik, dan aplikasi ini mencakup berbagai pilihan yang dapat dipilih pada saat bertransaksi.Dibandingkan dengan layanan online, nasabah Pegadaian Syariah masih lebih memilih layanan manual, dengan hanya sedikit pengguna layanan yang menggunakan aplikasi Pegadaian Syariah Digital. Dikarenakan kurangnya sosialisasi kelembagaan dengan klien dan kurangnya informasi klien tentang aplikasi Pegadaian Syariah Digital. Selain itu, berdasarkan perbandingan kualitas layanan, manual layanan tidak terlalu menuntut konsumen. Ilmu manajemen perbankan terkait dengan kualitas layanan. Kualitas pelayanan didefinisikan sebagai ukuran relatif dari kebaikan suatu produk atau jasa, serta kesesuaian dan kesesuaian produk atau jasa dengan orang lain, sehingga pelanggan dapat menikmati kualitas pelayanan yang baik. Rasio profitabilitas digunakan di pegadaian syariah untuk menentukan tingkat keuntungan atau keuntungan suatu korporasi. Faktor internal dan eksternal dapat mempengaruhi pegadaian syariah memperoleh keuntungan atau tidak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bee

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal Business, Economics, and Entrepreneurship (BEE) (registration number/ISSN:2656-9469) peer-reviewed journal published twice a year in March and September by Entrepreneurship program of Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Shanti Bhuana. This journal publishes the conceptual and empirical ...