Business, Economics and Entrepreneurship
Vol 4 No 2 (2022): Business, Economics and Entrepreneurship

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL LITERACY PADA GENERASI Z DI DKI JAKARTA

sofiah baisa (Unknown)
Farah Margaretha Leon (Universitas Trisakti)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Literasi keuangan saat ini menjadi masalah bagi Sebagian masyarakat khususnya bagi Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan dari beberapa variable yaitu pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan perilaku keuangan terhadap literasi keuangan pada Generasi Z di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data primer yang sumber datanya dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner sebanyak 135 responden yang berupa Generasi Z di DKI Jakarta. Data ini diolah menggunakan aplikasi aplikasi yang Bernama SPSS versi 25, dan AMOS versi 21. Metode analisis data menggunakan alat SEM. Penemuan dari penelitian ini adalah pengetahuan keuangan berpengaruh negatif terhadap literasi keuangan. sikap keuangan berpengaruh positif terhadap literasi keuangan. Sedangkan perilaku keuangan berpengaruh negatif terhadap literasi keuangan pengetahuan keuangan, sikap keuangan dan perilaku keuangan saling berhubungan positif. Penelitian ini diharapkan Generasi Z dapat meningkatkan literasi keuangan dengan mengikuti berbagai pendidikan formal maupun nonformal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bee

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal Business, Economics, and Entrepreneurship (BEE) (registration number/ISSN:2656-9469) peer-reviewed journal published twice a year in March and September by Entrepreneurship program of Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Shanti Bhuana. This journal publishes the conceptual and empirical ...