MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol 7 No 2 (2022): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Tradisional Suku Boti Di Kabupaten Timor Tengah Selatan

Abeth Kanisius Nomleni (Universitas Timor)
Stanislaus Amsikan (Universitas Timor)
Fitriani Fitriani (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mengeksplorasi unsur-unsur matematika pada tradisi dan kerajinan di Suku Boti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksplorasi dengan pendekatan etnografi. Tugas etnografi adalah menemukan dan menggambarkan organisasi pikiran tersebut. Penelitian ini dilakukan di Desa Boti. Subjek penelitian ini diambil dari beberapa orang seperti; Usif Boti dan beberapa orang yang tinggal di Sonaf. Objek penelitian ini berupa kebudayaan yang berkembang pada masyarakat Suku Boti berupa; bangunan, tradisi, kerajinan, kesenian yang terkait dengan unsur-unsur matematika pada tradisi atau produk di suku Boti. Metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh data berupa; wawancara, eksplorasi, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian etnografi terdiri dari; Analisis Domain, Analisis Taksonomi, Analisis Komponen, dan Analisis Tema.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...