Penelitian ini dilatar belakangi oleh prespektif guru yang menganggap bahwa penyebab ketidakefektifan dan keefesienan pembelajaran diakibatkan karena penggunaan metode yang monoton seperti ceramah, serta kondisi siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menemukan bagaimana strategi pembelajaran guru PPKn dalam membentuk dan mengembangkan karakter siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kecamatan Tolitoli Utara; (2) Menemukan kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh guru PPKn dalam membentuk dan mengembangkan karakter siswa kelas VII SMP Negeri 2 KecamatanTolitoli Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif  dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan hasil dalam penelitian ini adalah (1) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PPKn masih memiliki kelemahan dalam mengakomodasi hal-hal yang dapat menunjang keaktifan siswa. Seperti halnya guru mengajarkan siswa membuat pertanyaan, mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang dapat menjadikan dasar penunjang pengembangan karakter siswa dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan strategi yang digunakan yaitu metode diskusi yang menuntut keaktifan siswa dalam pembelajaran; (2) dalam proses kegiatan belajar mengajar ditemukan respon siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kecamatan Tolitoli Utara masih kurang. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu: (1)Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PPKn dalam membentuk dan mengembangkan karakter siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kecamatan Tolitoli utara menggunakan metode diskusi yang masih memiliki kelemahan dalam pembelajaran; (2) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PPKn dalam membentuk dan mengembangkan karakter siswa terdapat pada persoalan dasar penunjang keaktifan yang belum diakomodasi oleh Guru PPKn kepada para siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kecamatan Tolitoli Utara.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022