Jurnal Disrupsi Bisnis
Vol 5, No 5 (2022): Jurnal Disrupsi Bisnis

Analisis Strategi Bubble Laundry dalam Perencanaan Kapasitas Produksi Guna Memenuhi Permintaan Pelanggan

Stephanie Stephanie (Universitas Internasional Batam)
Shevia Shevia (Universitas Internasional Batam)
Nadiya Nur Arafah (Universitas Internasional Batam)
Mutiara Kamilatunnaimah (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Pelaku bisnis dapat menggunakan berbagai strategi untuk memastikan bahwa usaha mereka berkembang dalam lingkungan yang sangat kompetitif. Menghadapi persaingan yang semakin ketat, Bubble Laundry selalu berusaha menerapkan strategi baru yang unik untuk mencapai tujuan bisnisnya dan agar para pelanggan dapat setia dan tidak berpindah hati. Mengingat bahwa pemasaran, permintaan dan produksi sangat berpengaruh terhadap kelangsungan suatu usaha, maka pengelolaan permintaan dan kapasitas produksi dari UMKM Bubble Laundry harus dilaksanakan dengan tepat. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil analisa diperoleh bahwa Bubble Laundry terus mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang stabil. Manajemen permintaan Bubble Laundry menerapkan pendekatan interventionist approach, promotion, pricing, shelf management, dan deal structure. Untuk mencapai keseimbangan antara demand terhadap kapasitas produksi (productive capacity), Bubble Laundry perlu memahami beberapa hal seperti physical facilities designed to contain consumens; physical facilities designed for storing or processing goods; physical equipment used to process people, possessions, or information; labor; infrastructures. Sistem reservasi Bubble Laundry yaitu: sistem antrian, opsi pencucian “express”, importance of customer, layanan antar jemput, dan menyediakan fasilitas yang nyaman.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

DRB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal ilmiah yang diterbitkan 6 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September dan November oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Juli tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian ...