Jurnal Tomalebbi
Volume 9 Nomor 3 September 2022

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMPN 04 MENGKENDEK KABUPATEN TANA TORAJA

Resniati Ruslan (Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum)
Hasnawi Haris (Universitas Negeri Makassar)
Mustari Mustari (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2022

Abstract

RESNIATI RUSLAN, 2022. Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMP Negeri 04 Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Hasnawi Haris selaku pembimbing I dan Mustari selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas di SMP Negeri 04 Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran tatap muka terbatas di SMPN 04 Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari sekolah dan dari informan yang terdiri dari guru serta peserta didik SMP Negeri 04 Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasii. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini diolah dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas di SMP Negeri 04 Kabupaten Tana Toraja telah terlaksana cukup efektif. Hal tersebut tampak pada proses pembelajaran yang dimulai dari persiapan yaitu penyusunan RPP yang didesain sesuai dengan permendikbud, pelaksanaan pembelajaran yang dilihat dari strategi dan media yang digunakan yang selanjutnya di implementasikan dalam kegiatan pembelajaran yang dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti sampai dengan penutup. (2)Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran tatap muka terbatas dibagi menjadi dua yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukung yaitu:pengawasan dari pihak dinas kesehatan dan juga pengawasan dari dinas pendidikan. Adapun faktor pendukung bagi guru dan peserta didik yaitu dengan adanya buku paket, LKS untuk siswa dan juga fotocopy yang berisikan materi pokok. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu pembelajaran, kesulitan guru dalam menyelesaikan materi, antusias siswa yang kurangKata Kunci: Efektivitas pembelajaran, Pembelajaran tatap muka terbatas 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tomalebbi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Memuat Tulisan yang Menyangkut Pemikiran atau Gagasan Hasil Penelitian Hukum dan Pendidikan Pancasila dan ...