Kualitas pelayanan yang diberikan harus dijaga agar mampu bertahan dalam persaingan yang ketat. Salah satu bisnis atau bisnis yang juga harus menerapkan SOP dalam pelayanan pelanggannya adalah bisnis barbershop atau yang sekarang lebih populer dengan sebutan barbershop. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Responden yang dipilih adalah pemilik dan juga karyawan pangkas rambut defaros Kota Kediri. Pembuatan SOP defaros barbershop meliputi unsur efisiensi, konsistensi, minimalisasi kesalahan, pemecahan masalah, perlindungan tenaga kerja, peta kerja, batasan pertahanan. Hasil dari penelitian ini berupa SOP yaitu a) Pengunjung datang dan diberikan nomor antrian. Jika pemesanan online harus tepat waktu agar tidak mengganggu antrian yang berjalan di defaros barbershop; b) Karyawan diharuskan mengikuti pola atau model yang telah ditentukan; c) Bercukur dengan hati-hati; d) Komunikasi adalah hal terpenting dalam bekerja; e) Kemalangan pekerja dan konsumen menjadi tanggung jawab barbershop defaros;f) Gunakan alat pemotong yang sesuai bekas dan tempatkan kembali ke tempat asalnya;g) Breafing setiap minggu pada hari jumat pagi Kata kunci : Barbershop, Kualitas pelayanan, Prosedur Operasi Standar
Copyrights © 2022