Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 3 No. 6 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal

Analisis Kemampuan Penggunaan Media Sosial dan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jawa Timur

Renia Keinditia (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Kustini Kustini (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2022

Abstract

Pengangguran merupakan salah satu beban terbesar di setiap negara, termasuk Indonesia. Setiap tahun, tingkat pengangguran semakin tinggi. Salah satu strategi untuk mengurangi pengangguran adalah dengan berwirausaha. Pengetahuan tentang kewirausahaan tidak hanya didapat dari Universitas, namun kemampuan menggunakan media sosial juga berperan penting bagi penggunanya untuk mewujudkan kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis secara signifikan tentang pengaruh kemampuan menggunakan media sosial dan minat belajar kewirausahaan terhadap kewirausahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Proportionate Stratified Random Sampling dan menggunakan smartPLS sebagai alat analisis. Data diperoleh dari kuesioner yang disebarkan melalui google form dengan jumlah sampel sebanyak 119 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menggunakan media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jawa Timur. Pembelajaran kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat belajar. kewirausahaan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jawa Timur. Kata Kunci : Sosial Media, Pembelajaran Kewirausahaan, Minat Berwirausaha

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...