Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi membawa perubahan kesetiap elemen kehidupan, hal ini dapat terlihat dari segala aspek salah satunya adalah kewirausahaan. Seiring berjalannya waktu dunia kewirausahaan akan terus berkembang dan memanfaatkan teknologi digital sebagai media yang digunakan dalam kegiatan pemasaran. Penelitian ini bertujuan agar para pegiat industi kreatif dapat meningkatkan kemampuan pada bidang digital marketing. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berlokasi di kota pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data kualitatif secara deskriptif menurut Huberman dan Miles. Hasil penelitian ini, memberikan kesempatan bagi wirausaha dalam meningkatkan kapasitas dibidang kewirausahaan melalui tiga hal yang terlebih dahulu dipahami. Pertama, wirausaha perlu memperhatikan segmentasi pasar, hal ini menjadi perlu diperhatikan karena dapat menjadi awal atas arah digital marketing dari usaha. Kedua, membangun pesan yang disesuaikan dengan khalayak sasaran serta ketiga, disesuaikan dengan media atau saluran mana yang nantinya akan digunakan. Melalui tiga pemahaman ini, wirausaha dapat meningkatkan kapasitas kewirausahaan mereka dibidang digital. Kata Kunci : Kewirausahaan, Kapasitas, Komunikasi, Digital, Marketing
Copyrights © 2022