Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 4 (2022)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK SD KELAS V

Juni Artha Juneli (Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Indonesia)
Atep Sujana (Universitas Pendidikan Indonesia)
J Julia (Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Rendahnya penguasaan konsep yang dimiliki peserta didik menyebabkan hasil belajar seringkali jauh dari standar penilaian terutama pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital yang dapat menanamkan penguasaan konsep peserta didik.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuantitatif-deskriptif. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D) yang merupakan metode ilmiah untuk memperoleh data sehingga dapat dipergunakan untuk menghasilkan, mengembangkan, dan memvalidasi produk. Media pembelajaran komik digital dikembangkan melalui tahapan validasi produk terlebih dahulu yang melibatkan ahli materi dan media untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan produk. Kemudian, produk komik digital diujicobakan untuk mengetahui penguasaan konsep peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Partisipan dalam penelitian ini adalah 23 orang peserta didik kelas V di salah satu SD Negeri yang berada di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik digital layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam kegiatan pembelajaran IPA. Media pembelajaran komik digital juga dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik kelas V yang dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar yang diperoleh peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...