Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2022

PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTISME DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF

Mar'ati Fajrin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tina Rustini (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru dalam upaya untuk meningkatkan interaksi sosial anak autisme di sekolah dasar inklusif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar dan anak autisme yang bersekolah di sekolah inklusif, tepatnya di SDN 01 Kayu Manis, Jakarta Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru adalah dengan memperlihatkan pengertian, rasa empati, kasih sayang, dan kesabaran dalam berkomunikasi dengan anak autisme. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri dan rasa ingin berbaur anak autisme dengan lingkungan sekitarnya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...