Jurnal Komunikasi
Vol 16, No 2 (2022): September

Penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) di Situs Judi Online Bandar55

Silvanus Alvin (Universitas Multimedia Nusantara)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Praktik judi online termasuk illegal di Indonesia. Undang-Undang yang melarang judi telah berisi sanksi tegas, mulai dari hukuman pidana dan denda dalam nominal besar. Meski demikian, judi online tidak pernah kehabisan pemain. Berangkat dari fenomena tersebut, peneliti berusaha mengetahui strategi komunikasi seperti apa yang dilakukan bandar judi online dalam menjaring penjudi baru dan mempertahankan para penjudinya. Objek dari penelitian ini adalah situs judi online, Bandar55 yang server pusatnya berada di Kamboja dan memiliki mayoritas pekerja yang berasal dari Indonesia. Penelitian ini termasuk kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian ini didapat dari dua informan kunci yang merupakan mantan customer service (CS) di Bandar55 yang bertugas mencari penjudi baru. Data diperoleh menggunakan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan Bandar55 telah membentuk skema taktis dan menerapkan Intergated Marketing Communication (IMC) sebagai fondasinya, seperti direct marketing, sales promotion, personal selling, interactive marketing, advertising, dan word of mouth. Temuan lainnya yang tidak kalah menarik adalah IMC yang dilakukan Bandar55 berlandaskan informasi palsu dan manipulatif, dengan tujuan utama mengelabuhui individu untuk berjudi dan tidak bisa lepas dari praktik illegal ini.

Copyrights © 2022