Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar operasi hitung campuran melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas VI SD 1 Undaan Tengah semester I tahun pelajaran 2019/2020. Prosedur pelaksanaan dan implementasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan. Pada akhir tindakan siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 74,07% meningkat pada siklus II menjadi 90,48%. Selanjutnya, nilai rata-rata kelas hasil tes formatif I mencapai 72,61 (69,57%) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 77,39(86,96%), sehingga mengalami peningkatan sebesar 17,39%. Disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi operasi hitung campuran pada siswa kelas VI SD 1 Undaan Tengah Kudus. Disarankan bahwa, pada proses pembelajaran guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta melibatkan aktivitas seluruh siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022