Jurnal Prakarsa Paedagogia
Vol 5, No 1 (2022): Juni 2022

EFEKTIVITAS MODEL GUIDED INQUIRY LEARNING DAN MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

ekawati, evi (Unknown)
Utaminingsih, Sri (Unknown)
Sumaji, Sumaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis perbedaan efektivitas model guided inquiry learning dengan model blended learning terhadap kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas V Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain eksperimen ini yaitu posttest only control group desaign. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Harjowinangun, SDN 2 Harjowinangun dan SDN 2 Manggarmas di Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan.. Analisis data yang digunakan meliputi uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Data pengujian tersebut diolah dengan menggunakan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa  tidak terdapat perbedaan efektivitas antara model guided inqury learning  dengan model blended learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V di Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Hal ini terbukti dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,533.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Education

Description

iterbitkan sebagai media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Pendidikan baik dari Mahasiswa dan Dosen untuk memperkaya khasanah keilmuan pendidikan menuju tercapainya generasi emas ...