Jurnal Teknologi Sistem Informasi
Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Teknologi Sistem Informasi

PENENTUAN STRATEGI MARKETING MENGGUNAKAN ALGORITMA K MEANS (studi kasus : PT. BPR Pondasi Niaga Perdana cabang Bekasi)

Muchtar, Fira Rizkya (Unknown)
Muhyidin, Yusuf (Unknown)
Muttaqin, Muhammad Rafi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2022

Abstract

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah salah satu Lembaga keuangan yang ada di Indonesia yang memiliki peranan penting bagi kelangsungan perekonomian Indonesia. Persaingan antar bank dan dampak pandemic covid 19 membuat masyarakat Bekasi lebih memilih meminjam koperasi yang memiliki bunga besar. Untuk dapat memberikan jasa dan minat kepada nasabah, bank juga perlu mengumpulkan dan mengolah informasi mengenai nasabah, informasi nasabah adalah kunci yang penting dalam menjalankan stategi bisnis atau bisnis perbankan. Data mining merupakan dalah satu proses pengumpulan, pengolahan, dan penyajian informasi nasabah yang dapat digunakan oleh pihak marketing sebagai strategi yang akan dipakai untuk bersaing dengan pihak lain yang bergerak dalam bidang yang sejenis. Metode yang digunakan adalah Knowledge Discovery in Database (KDD). Metode pengelompokan data debitur kredit dengan mengimplementasikan algoritma K-Means menggunakan alat Rapidminer. Atribut yang digunakan jenis penggunaan, sumber dana pelunasan, tenor, kualitas, jumlah hari tunggakan, nominal tunggakan, plafon. Kata kunci: Data Mining, Clustering, Bank, K-Means

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Sistem Informasi adalah jurnal nasional berbahasa Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Sistem Informasi, Universitas Multi Data Palembang. Jurnal ini memuat hasil penelitian dengan topik penelitian yang berasal dalam cakupan rumpun ilmu Sistem Informasi seperti: • Sistem ...