Chemistry Education Practice
Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi November

Analisis Media Pembelajaran PhET Simulations Berbasis Laboratorium Virtual Terhadap Minat Belajar Kimia Selama Masa Pandemi COVID-19

Siti Nurul Yaqutu Burhani (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Aliefman Hakim (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Saprizal Hadisaputra (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Burhanuddin Burhanuddin (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui minat belajar kimia siswa menggunakan media pembelajaran PhET Simulations selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian dalam ini adalah siswa kelas XII IPA SMAN 2 Selong yang terbagi menjadi 5 kelas. Sedangkan sampelnya adalah 68 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data diambil melalui angket minat belajar siswa menggunakan media PhET Simulations yang terdiri dari 4 indikator penilaian, yaitu: 1) perasaan senang; 2) ketertarikan; 3) perhatian; 4) keterlibatan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Rasch (Analisis Peta Wright dan Measure DIF) dan uji statistik deskriptif. Hasil analisis peta wright menunjukkan nilai abilitas siswa yang tinggi. Kurva measure DIF menunjukkan perbedaan minat belajar kimia siswa berdasarkan gender. Siswa laki-laki memiliki minat belajar kimia yang lebih tinggi daripada siswa perempuan. Hasil ini didukung dengan perhitungan menggunakan uji persentase, persentase minat belajar laki-laki sebesar 81,55% dan perempuan sebesar 78,46%. Hasil penelitian diukur menggunakan uji persentase dengan rata-rata persentase sebesar 79,60% dalam kategori baik. Rata-rata hasil uji persentase tiap indikator yaitu 1) indikator perasaan senang sebesar 83%; 2) indikator ketertarikan sebesar 76%; 3) indikator perhatian sebesar 80%; 4) indikator keterlibatan sebesar 81%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media PhET Simulations ini baik digunakan sebagai alternatif media pembelajaran berbasis laboratorium virtual untuk meningkatkan minat belajar selama masa pandemi COVID-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...