Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA)
Vol. 2 No. 10 (2022): October 2022

Pendidikan Damai dalam Mereduksi School Refusal pada Siswa SMP

Muhammad Nikman Naser (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Giyarsi (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Ahmad Siddiq Ridha (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Masa transisi yang dialami siswa remaja SMP ketika memasuki sekolah lanjutan  tentunya mengalami  beberapa permasalahan berkenaan dengan aspek psikologis. Adanya situasi dan lingkungan yang kurang nyaman bagi siswa berdampak pada satu masalah yakni school refusal. School refusal merupakan kondisi emosional yang dimanifestasikan dengan ketidakinginan siswa untuk menghadiri sekolah. Peran Guru hendaknya dapat memberikan salah satu alternatif solusi. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran implementasi konseling berbasis budaya yang dapat diadopsi oleh Guru matapelajaran,  maupun Guru BK. Penelitian ini menggunakan literatur review dengan pendekatan studi kepustakaan yang bersumber pada artikel ilmiah dan jurnal penelitian yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan konsep praktis pendidikan damai dapat digunakan sebagai upaya mereduksi school refusal pada siswa karena prosesnya yang menjunjung tinggi sikap saling menghargai dan menyenangkan untuk hadir ke sekolah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mudima

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Journal Description Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA) adalah adalah jurnal multidisiplin yang diterbitkan oleh Formosa Publisher. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA) terbit setiap bulan (monthly). Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA)merupakan jurnal peer review, open access, dan ilmiah yang ...