Penelitian ini didasarkan pada pemahaman orang tua tentang kesetaraan gender antara anak laki-laki dan perempuan, dan disesuaikan dengan teori pendidikan anak usia dini terkait. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan antara pemahaman kesetaraan gender orang tua dan kemampuan sosial anak kelompok B TK Negeri di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, studi dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman kesetaraan gender orang tua dan kemampuan sosial anak kelompok B TK Negeri Pembina di Kota Malang dengan derajat hubungan sebesar 7,9%. Pemahaman orang tua anak mengenai kesetaraan gender termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 32,84, sedangkan kemampuan sosial anak kelompok B termasuk kategori sangat baik dengan rata-rata 34,18.
Copyrights © 2022