Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 1 (2022)

Hubungan antara Pemahaman Kesetaraan Gender Orang Tua dan Kemampuan Sosial Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak

Duria Feby Yuan Margaretha (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pemahaman orang tua tentang kesetaraan gender antara anak laki-laki dan perempuan, dan disesuaikan dengan teori pendidikan anak usia dini terkait. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan antara pemahaman kesetaraan gender orang tua dan kemampuan sosial anak kelompok B TK Negeri di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif  korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, studi dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman kesetaraan gender orang tua dan kemampuan sosial anak kelompok B TK Negeri Pembina di Kota Malang dengan derajat hubungan sebesar 7,9%. Pemahaman orang tua anak mengenai kesetaraan gender termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 32,84, sedangkan kemampuan sosial anak kelompok B termasuk kategori sangat baik dengan rata-rata 34,18.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini content research article and/or critical-analytical study in early childhood education field. The purpose of this journal are to explore, to develop, and to explain knowledge about child education, development of children, problems and ...