Jurnal Farmasi Komunitas
Vol. 9 No. 2 (2022): JURNAL FARMASI KOMUNITAS

Pelayanan Apotek sebagai Upaya Adaptasi di Masa COVID-19

Husnia Nurul Izzati (Departemen Farmasi Praktis, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga)
Prisma Sari Dewi (Departemen Farmasi Praktis, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga)
Hanifah Yusuf Baraja (Departemen Farmasi Praktis, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga)
Dwi Ayu Indriani (Departemen Farmasi Praktis, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga)
Nathaza Berliana (Departemen Farmasi Praktis, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga)
Alfina Fikri Nabila (Departemen Farmasi Praktis, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga)
Sahnaz Sahnaz (Departemen Farmasi Praktis, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga)
Sinta Renita Rahmadani (Departemen Farmasi Praktis, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga)
Huzaifah Arofik (Departemen Farmasi Praktis, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga)
Wafaa Ginong Pratidina (Departemen Farmasi Praktis, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga)
Maheswari Nirwasita Ismanindratm (Departemen Farmasi Praktis, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga)
Wilya Christiane (Departemen Farmasi Praktis, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga)
Fakhira Tahta Shabrina (Departemen Farmasi Praktis, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga)
Arie Sulistyarini (Airlangga University)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan di apotek wilayah Pulau Jawa pada masa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan cross-sectional melalui survei. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik non-random sampling secara accidental sampling menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden secara offline maupun online. Kriteria inklusi pada penelitian ini antara lain apoteker dan tenaga teknis kefarmasian yang bekerja di apotek di wilayah Pulau Jawa. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam tabel distribusi frekuensi. Dalam survei ini diperoleh 177 responden tenaga kefarmasian yang terdiri dari apoteker (40%) dan tenaga teknis kefarmasian (60%). Mayoritas responden adalah perempuan (84%) dan berusia 17-25 tahun. Lokasi apotek terbesar berada di Jawa Timur (89%) dan didominasi oleh jenis apotek mandiri (72%). Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa sebagian besar apotek telah memberikan pelayanan adaptif selama pandemi dan memberikan informasi terkait COVID-19 kepada pasien. Sebagian besar apotek (78%) telah menerapkan pelayanan berbasis online sebagai upaya adaptasi selama masa pandemi. Pelayanan kefarmasian di apotek telah beradaptasi dengan kondisi pandemic namun perlu adanya peningkatan pada aspek pemberian informasi terbaru mengenai perkembangan situasi pandemi. Apotek yang belum menerapkan layanan online diharapkan dapat meluaskan pelayanannya di bidang telefarmasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JFK

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

The aim of Jurnal Farmasi Komunitas (JFK) is to publish exciting, empirical research, recent science development, and high-quality science that addresses fundamental questions in pharmacy practice. JFK publishes articles in pharmacy practice area including: 1. Clinical and Community Pharmacy 2. ...